Kloxo part 2 – Setting DNS pada Kloxo


Sebuah fasilitas pada VPS (Virtual Private Server) yang menggunakan Kloxo sebagai control panel webhostingnya, anda dapat membuat name server anda sendiri melalui Setting DNS pada Kloxo. Anda dapat membuat NS seperti “ns1 dan ns2.namadomainanda.com”

Pengaturan ini memungkinkan kita untuk memanage semua domain yang kita masukkan ke dalam Kloxo dan membuat Name Server Custom bagi domain-domain yang akan diarahkan ke server VPS kita. Jika anda tidak ingin menggunakan setting DNS pada Kloxo, anda harus mensettingkan DNS domain anda pada Setting DNS di HyperVM, setelah domain di tambahkan pada Kloxo.

Setting DNS pada Kloxo

Klik Icon “DNS Template” pada halaman utama admin Kloxo

 

DNS

Maka akan muncul halaman DNS template yang dapat anda gunakan untuk membuat DNS template .

 

DNS Template

Isi nama tmplate DNS anda, Sesuaikan IP web dan IP mail jika di perlukan, lalu isikan nama Name Server Kustom anda, ns1 dan ns2.yourdomain.tld diganti dengan nama domain anda. ch : ns1 dan ns2.ipcoholic.com

Klik Tombol “Add” untuk menyimpan setting template DNS anda, lalu anda akan kembali ke halaman utama DNS template, pada halaman ini akan muncul list template DNS yang dapat anda edit di lain waktu jika memerlukan perubahan.

Lalu bagaimana mengarahkan domain ke NS yang sudah kita buat di DNS template kloxo, sebelumnnya pastikan domain anda memiliki fasilitas“Private NS” atau “Child NS”, tanyakan kepada provider tempat anda mendaftarkan domain anda untuk fasilitas ini. Jika domain anda tidak memiliki fasilitas ini ya sudah mau bagaimana lagi karena memang tidak semua registrar menyediakan fasilitas ini bagi domain.

Setelah yakin domain anda memiliki fasilitas ini, settingkan “Private NS” atau “Child NS” domain anda sbb :

Misal :

ns1.ipcoholic.com , Isikan IP dari NS servernya

dan jangan lupa juga untuk merubah setting Name Server domain anda di Domain manager anda.