HyperVM part 2 – Dasar-dasar HyperVM


Sudah bisa login ke HyperVM anda ? jika belum silahkan kembali ke postingan sebelumnya HyperVM part 1. Jika sudah bisa login maka akan muncul halaman utama untuk HyperVMnya, dan disinilah anda bisa memanage VPS anda.

Halaman utama HyperVM

Password Management .

Didalam halaman HyperVM terdapat dua icon password yang berbeda, untuk merubah password akun HyperVM anda yang berakhiran “.vm”

radhioflyer.vm

anda bisa klik icon berikut

passwd

Lalu untuk merubah password root VPS anda, dapat di klik icon berikut

 

passwd

Login root akan di perlukan jika anda akan mengakses command shell VPS anda melalui SSH. Perubahan password root juga bisa anda lakukan malalui command shell ssh setelah and login ke ssh dengan menggunakan command berikut

$ passwd

akan muncul output :

Changing password for root
(current) UNIX password:
Enter new UNIX password:
Retype new UNIX password:
passwd: password updated successfully

Segera rubah password root vps anda karena biasanya secara default untuk password root akan di samakan dengan password account VPSnya.

Booting  / Reboot / Shutdown

Yeah inilah VPS, anda punya hak untuk mengatur sendiri VPS, saatnya anda mandiri dalam hal perhostingan, karena anda adalah admin bagi VPS anda sendiri, artinya anda juga punya hak untuk melakukan management Power bagi VPS anda seperti Shutdown, reboot, ataupun booting VPS anda.

Power

Setelah tampil halaman utama HyperVM anda, geser pada bagian Power untuk manajemen power VPS anda. Anda bisa klik salah satu icon power untuk melakukan Shutdown, reboot, ataupun booting VPS anda.

Rebuild VPS

Whoa, ini adalah fitur yang penting di dalam hyperVM VPS anda, jika terjadi sesuatu dalam setting VPS, ataupun kesalahan dan error yang tidak dpat diatasi, dan anda stuck dengan permasalahan tersebut, inilah opsi terakhir yang bisa di gunakan untuk menginstall ulang OS pada VPS anda, dengan menu Rebuild

.

Klik icon Rebuild untuk menginstall ulang OS VPS anda. ingat :

Gunakan fasilitas ini jika memang perlu

Setelah klik icon rebuild maka akan muncul tampilan

Pilih Template

Lalu pilih tempalate Operating system (OS) yang akan digunakan dengan klik pada dropdown menu “OStemplate”. Centang atau “Thick” pada box “Confirm Rebuild” lalu klik tombol “Update”

SELURUH DATA VPS AKAN LENYAP KETIKA ANDA MEREBUILD VPS ANDA, GUNAKAN PILIHAN REBUILD DENGAN BIJAK !!!!

TIDAK ADA PILIHAN CANCEL ATAU BACK SETELAH ANDA KLIK TOMBOL “UPDATE”

Setting Hostname

Menu untuk mengatur nama host VPS anda. Klik icon “Network” pada bagian bawah “Console” maka akan muncul tampilan sbb :

Hostname

Pastikan “Resolved Entries” sudah terisi.

Jangan Lakukan Perubahan Jika Memang Anda Tidak Yakin Dengan Perubahan Yang  Akan Anda Lakukan

Jika anda melakukan perubahan hostname melalui Command Shell, maka perubahannya akan tersimpan pada bagian “Networks” setelah anda merestrat VPS anda.