Error Wifi HP China

Beyond B89

Sekedar share aja, berbagi pengalaman dengan salah satu merk HP dari china.Yang saya alami adalah dengan merk Beyond B89. Error ini bermula ketika saya mengaktifkan fitur WiFi yang ada di dalamnya, memang saat diaktifkan tidak ada masalah, semua lancar dan bisa di gunakan untuk browsing. Masalah muncul ketika saya sudah selesai menggunakanWiFinya dan ingin menggunakan untuk menelpon.

Error Wifi HP China

HP ternyata tidak bisa digunakan untuk menelpon dan mucul “Not Allowed to dial” baik pada SIM1 maupun SIM2 (beyond B89 memiliki fitur dual GSM card). Langsung cek ulang settingan WiFi, Network phone dll, ternyata setting Network Phonenya terkunci pada “WLAN Only” tidak bisa di rubah ke setting yang lain GSM Only, GSM Prefered, atau WLAN Prefered. Waduh…!!!!!

Saya melihat ada menu Reset to factory defaults, saya pikir menu ini akan mengembalikan setting ponsel ke settingan awal dan mengembalikan fungsi phonenya. Lalu diminta password, wah ini yang saya ndak ngerti, maklum beli ponsel ini second, si empunya yang lama juga ndak ngerti passwordnya apa, tapi beliau juga tidak pernah merubah password defaultnya, jadi masih ada harapan untuk mencari password defaultnya.

Akhirnya coba browsing sana-sini tanya ke mbah Google, ketemu juga password default dari ponsel-ponsel generik China. untuk Beyond B89 default password 1122. Tetapi Reset to factory defaults tidak menimbulkan efek apapun, hanya sekedar mengembalikan setting themes, profil dll. Selidik punya selidik sepertinya ponsel-ponsel China ini punya Bug di Firmwarenya yang mengakibatkan kejadian seperti ini. Ada beberapa yang menyarankan untuk di serahkan ke service center untuk di reset firmware atau di upgrade firmwarenya. Selain saya ndak tahu tempat service centernya di kota saya, saya juga males kalau harus berurusan dengan service center karena sering lama penanganannya.

Belum putus harapan untuk mencari-cari lagi solusi lainnya, akhirnya ketemu juga postingan di forum berbahasa inggris untuk cara menangani kejadian seperti ini:

  1. Pastikan ponsel terisi 2 SIMcard yang aktif, dan dalam jangkauan network yang baik.
  2. Pastikan juga WLAN dalam kondisi Disable
  3. Masuk ke Engineer Mode dengan menginputkan kode *#3646633# dari layar utama (kode ini bisa berbeda untuk ponsel china yang lain)
  4. Anda akan masuk ke engineer mode dan di suguhkan kurang lebih 10 menu, geser/scroll ke bawah menu ke-10 atau menu RF Test Tool
  5. Pilih band DCS 1800 dan tekan Ok, Ponsel akan mencari frekuensi tersebut.
  6. Biarkan selama 3-15 menit sampai ponsel seperti Hang/freeze.
  7. Tekan tombol merah (end call)
  8. Masuk menu utama, pilih menu, Setting, Network setting, Card1 setup, dan pilih GSM Only
  9. Akhirnya setting GSM only bisa di aktifkan kembali
  10. Matikan ponsel anda dan hidupkan kembali
  11. Jika masih belum bisa coba tambahkan langkah-langkah di atas dengan Reset to factory defaults kembali.

Selamat mencoba, dan mohon di cermati kembali, langkah-langkah diatas hanya saya coba untuk Beyond B89 saja, karena saya bukan teknisi ponsel, saya hanya pengguna ponsel biasa